Kamis, 28 Maret 2013

Tanaman Berkhasiat Mengobati Maag


 Tuhan menciptakan semua mahluk hidup yang ada di dunia tercinta kita ini tentu pasti ada manfaatnya, salah satunya adalah tanaman. Tanaman adalah suatu mahluk hidup yang sudah pasti sering kita temukan dimana pun kita berada. Tanpa adanya tanaman semua mahluk hidup yang ada di dunia ini tidak akan bisa hidup. Tanaman mempunyai manfaat yang sangat banyak diantaranya adalah untuk makan, bahan bangunan, bahan untuk membuat alat rumah tangga, dan bisa juga untuk mengobati penyakit. Semua penyakit pada dasarnya bisa diobati oleh tanaman-tanaman yang tumbuh di dunia ini. Namun, disini saya hanya akan menyebutkan tanaman-tanaman yang bisa mengobati penyakit maag, diantaranya adalah:
  • Matricaria recutita (Kamomila)
Matricaria recutita atau lebih sering dikenal sebagai kamomila selain biasa untuk dikonsumsi, ternyata tanaman ini juga sangat baik digunakan untuk mengobati penyakit maag, yaitu dengan cara: Seduh 1 sendok teh tanaman kamomila dengan 150 ml air panas, diamkan selama 5 sampai 10 menit, lalu minum. Ulangi seduhan ini dan minumlah 3 sampai 4 kali sehari.
  • Phyllanthus niruni (Meniran)
Meniran merupakan tanaman semak yang banyak sekali tumbuh di negara yang beriklim tropis seperti indonesia. Tanaman ini biasanya tumbuh di semak-semak dan tumbuh di tempat yang lembab dan berbatu. Meskipun sering tumbuh di semak-semak dan sering diabaikan ternyata tanaman ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit contohnya penyakit maag, yaitu dengan cara: cuci dan rebus tanaman meniran, setelah direbus tanaman didinginkan dan disaring, lalu minum dicampur dengan madu. Lakukan 3 kali sehari.
  • Komfrei
Cara mengobati penyakit maag menggunakan tanaman komfrei: daun komfrei segar 5 gram, rimpang kunyit segar 9 gram, air secukupnya lalu dipipis. Diminum satu kali sehari satu cangkir selama 14 hari.
  • Jaringao
Cara mengobati penyakit maag menggunakan tanaman jaringao: rimpang jaringao 1 gram, rimpang jahe 5 gram, air putih 110 ml, setelah itu diseduh. Diminum satu kali sehari 100 ml selama 14 hari.
Namun saat ini semua tanaman di atas sangat langka atau sangat sulit untuk ditemukan. Lalu para peneliti mencari obat alami lain yang aman dikonsumsi untuk mengobati penyakit maag. Akhirnya ditemukanlah teripang yang sangat ampuh dan hampir tidak memiliki efek samping.

sumber : http://irma-herbal.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar