Rabu, 13 Maret 2013

Keajaiban Bawang Putih


     Bawang putih adalah herba semusim berumpun yang tingginya sekitar 60 cm. Batangnya batang semu, bewarna hijau. Bagian bawahnya bersiung-siung, bergabung menjadi umbi besar bewarna putih. Tiap siung terbungkus kulit tipis dan kalau diiris bau nya tajam. Tanaman ini berakar serabut, daunnya pipih memanjang.

Kandungan dan Manfaat :
     Bawang putih mengandung minyak atsiri, yang bersifat anti bakteri, juga anti septik. Kandungan allicin dan aliin berkaitan dengan daya antikolesterol. daya ini mencegah sakit jantung koroner , tekanan darah tinggi dll. Umbi bawang juga mengandung kalium dan bersifat menenangkan, sehingga cocok sebagai anti hipertensi. Bawang putih juga memiliki senyawa kimia saltivine yang bisa mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan serta merangsang susunan saraf. Ia juga mengandung diallysulfide yang anti cacing

Kegunaan :
Hipertensi
     Bawang putih dibakar sampai matang, dimakan. 2 hari pertama makan 6 siung, selanjutnya selama seminggu makan 2 siung.

Disentri
     2 siung bawang putih dikupas, dicuci, direbus dengan segelas air. Minum sebelum makan. Lakukan 3x sehari selama 2-3 hari.

Batuk Rejan dan Bronkhitis
     30 gr bawang putih dikupas, dicuci, dilumatkan. Campur dengan gula batu dan segelas air matang. Diamkan selama 5-6 jam. Minum 1 sendok makan penuh setiap hari selama bebrapa hari.

Luka Kena Benda Tajam
     Bawang putih dikupas, dicuci, dibakar. Celupkan kedalam minyak kelapa lalu lumatkanOleskan pada bagian yang luka.

Catatan :
     Ada juga yang berpendapat sebaiknya bawang putih tidak dimakan mentah, karena dapat mengganggu lambung. Dianjurkan agar bawang putih direbus, digoreng, atau dipanggang dulu sebelum di makan.


http://irma-herbal.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar